Penulisan Tanda Mata Uang Rp Rupiah Yang Benar

 10
Penulisan Tanda Mata Uang Rp Rupiah Yang Benarby Kang Hizon.Penulisan Tanda Mata Uang Rp Rupiah Yang BenarTak disadari kita sering keliru menulis tanda mata uang rupiah. Penulisan tanda mata uang rupiah yang benar sesuai EYD adalah Rp (tanpa spasi) (tanpa titik) angka). Contoh: Rp5.000,00. Bagaimana? Sering salah bukan? Seringkali ketika menulis tanda mata uang kita menambahkan titik dan sepasi. Padahal itu salah. Penulisan tanda mata uang ini berlaku juga untuk tanda […]



Tak disadari kita sering keliru menulis tanda mata uang rupiah. Penulisan tanda mata uang rupiah yang benar sesuai EYD adalah Rp (tanpa spasi) (tanpa titik) angka). Contoh: Rp5.000,00. Bagaimana? Sering salah bukan? Seringkali ketika menulis tanda mata uang kita menambahkan titik dan sepasi. Padahal itu salah.

Penulisan tanda mata uang ini berlaku juga untuk tanda mata uang yang lain pula seperti $ (Dollar),?? (Euro), dan ? (Yen). Semua lambang tersebut ditulis sebelum bilangan tanpa dipisahkan tanda titik atau spasi, misalnya Rp50.000.

penulisan-rp-sesuai-eyd

Bagaimana bila berbentuk ejaan dan bukan lambang? Bila memilih menggunakan penulisan ejaan mata uang seperti ?rupiah?, ?dolar? dan, ?yen?, maka lambang mata uang tidak digunakan lagi. Ejaan tersebut ditulis setelah angka dan spasi. Contoh: 20 dolar, 2.000 rupiah, dan lain-lain.

NB: meskipun sebagian lambang mata uang dunia ditulis sebelum bilangan, beberapa lainnya, seperti Franc Swiss, meletakkan lambang mata uang di belakang bilangan (mis. 50.00 S?). Escudo Tanjung Verde bahkan meletakkan lambang mata uangnya sebagai pengganti penanda desimal (5000).

Dari contoh di atas, dapat dilihat bahwa titik digunakan sebagai pemisah ribuan, sedangkan koma digunakan sebagai penanda desimal. Memang ada perbedaan penulisan dengan negara lain. Negara lain menggunakan koma sebagai penanda ribuan dan titik sebagai penanda desimal. Contoh:

Rp20.000,00

$20,000.00

Namun jangan khawatir bahwa kedua kaidah tersebut ditetapkan bisa dipakai secara internasional. BIPM (Bureau international des poids et mesures [Biro Internasional Ukuran dan Timbangan]) menetapkan bahwa kedua kaidah ini dapat dipakai.

Angka yang menunjukkan bilangan utuh yang besar seperti ribu, juta, miliar, dan biliun, dapat ditulis sebagian untuk mempermudah bacaan. Misalnya Rp200.000,00 bisa ditulis dengan Rp200 ribu. Penulisan bilangan uang dengan huruf berarti mengganti pula lambang mata uang menjadi ejaan mata uang. Contoh: lima puluh ribu rupiah tidak bisa ditulis Rp lima puluh ribu.

Menulis bilangan uang menggunakan angka atau huruf bermakna sama, tidak perlu menulis keduanya kecuali untuk penjelas dalam dokumen resmi. Misalnya dalam kuitansi, kita menuliskan bilangan uang dengan angka, sekaligus dikuatkan dengan huruf.

 

Bagaimana Dengan Kode Mata Uang IDR

Seperti diketahui, berdasarkan ISO 4217, rupiah mempunyai kode mata uang IDR. Bagaimana penggunaannya dalam tulisan yang sesuai EYD? Sampai tema penulisan tanda mata uang Rp ini ditulis, EYD belum menetapkan penggunaannya dalam bentuk tulisan. Beberapa negara meletakkan kode ini di depan (mis. EUR 50) atau di belakang angka (mis. 50 EUR). Menurut Ivan–saya juga setuju–karena kode ini adalah singkatan yang menerangkan angka, sama seperti kata rupiah menerangkan angka, kode ini sebaiknya ditulis di belakang angka, sesuai dengan hukum D-M kita. Jadi, 50.000 IDR, bukan IDR 50.000.

Demikian sedikit pembahasan tentang penulisan tanda mata uang Rp rupiah yang benar dan sesuai EYD. Disarikan dari buku EYD dan sumber online lainnya. Semoga bermanfaat.

Sumber: Pengembangan Bahasa Indonesia. 2000. PEDOMAN UMUM EJAAN BAHASA INDONESIA YANG DISEMPURNAKAN




Author: 

Blogger Indonesia yang suka dengan wacana sosial kemasyarakatan, suka menulis tentang bahasa, sastra dan teknologi informasi. Follow my +Kang Hiz, email, Twitter or my Facebook.

Related Posts

10 Responses

  1. September 12, 2013 at 2:06 pmatamaReply

    permisi.selamat malam

    mau nanya nih.
    kenapa saya sering menjumpai penulisan sebagai berikut:
    dua ribu rupiah

    kenapa tidak menggunakan huruf kapital untuk mata uang, sehingga menjadi :
    dua ribu Rupiah

    mohon penjelasannya..terima kasih…

  2. January 12, 2014 at 10:33 amawuReply

    tetep salah
    Aku dah nyoba Rp2.000.000,00
    kok ttetep salah di salah satu situ loker

    • Author

      January 28, 2014 at 10:58 amKang BullReply

      Bagaimana bisa salah ya, lha EYD-nya memang seperti itu.

      Memang dalam praktiknya masih banyak yang menuliskan tidak persis seperti di EYD. Misal, di beberapa koran harian bahkan yang nasional pun menuliskan dengan Rp 2.000.000,00 (Rp[spasi]2.000.000,00).

      Terimakasih kunjungannya

  3. February 19, 2014 at 7:36 amSoesapto Joeni HReply

    sekedar berbagi, Pedoman Umum EYD bisa dilihat di http://id.wikisource.org/wiki/Pedoman_Umum_Ejaan_Bahasa_Indonesia_yang_Disempurnakan

  4. March 4, 2014 at 3:17 pmadienReply

    Kang kalau angka 3,159,301 dibaca gmn?tiga juta atau tiga aja?

  5. December 3, 2014 at 3:35 amArya Hafiz SaputraReply

    wah, bagus nih mas artikelnya semoga sering-sering ngeluarin tata penulisan yang sesuai EYD agar bisa juga memperbaiki kalimat-kalimat di blog saya

  6. December 20, 2014 at 4:39 amwahidReply

    “Penulisan tanda mata uang ini berlaku juga untuk tanda mata uang yang lain pula seperti $ (dolar), £ (euro), dan ¥ (yen)…”

    setahu saya itu bukan euro tapi poundsterling deh. kalo euro kan lambangnya nggak gitu? cmiiw

    • Author

      March 12, 2015 at 1:32 pmKang BullReply

      Terimakasih koreksinya, baru nyadar kalo symbolnya salah. Sudah dikoreksi gan.

  7. March 11, 2015 at 2:12 amnenengReply

    3e11penulisan dari hasil perkalian di kalkulator berapa rupiah artinya

  8. May 28, 2015 at 12:03 pmnellaReply

    Makasih sudah membantu

Leave a Reply