Bagaimana anda dapat menghibur diri sendiri sampai puas. Ikuti tips-tips bagaimana menghibur diri sendiri berikut ini.

Tips Menghibur Diri 1

Dari Pak Sugeng Widodo di Kompas

1. Buat daftar kegiatan menyenangkan

Setiap orang tentu memiliki hobi atau kegiatan yang menyenangkan. Coba diingat apa saja kegiatan yang menyenangkan itu. Buatlah minimal 10 kegiatan. Mulai dari kegiatan mendengarkan lagu kesayangan, membaca, menonton televisi, menonton film di bioskop, tidur, bersantai dengan keluarga, dan sebagainya.

2. Pilihalah satu atau lebih aktivitas yang menenyangkan

Jika Anda sudah punya daftar hobi atau kegiatan yang menyengkankan diri anda, tinggal memilihnya. Pada waktu anda sedih, kecewa atau perasaan lain yang membuat anda tidak nyaman, ketika itu alihkan pikiran dan perasaan anda pada kegiatan yang menyenangkan. Dengan begitu, perasaan anda pun berubah, menjadi senang, gembir, dan bahagia.

Tips Menghibur Diri 2

Dari Teutonic Knight Forum Travian

  1. Mulailah Selangkah Demi Selangkah – Adakalanya saat menginginkan perubahan, kita ingin mengubah segalanya secara menyeluruh. Daripada mengubah secara keseluruhan, lebih baik perbaiki setahap demi setahap. Buat catatan tentang hal yang membuat Anda merasa tak puas, cari sisi yang membuat Anda merasa tak senang, lalu mulailah melakukan tindakan untuk mengubahnya. Melakukan perubahan selangkah demi selangkah justru memiliki peluang besar untuk mendapatkan hasil maksimal.
  2. Berbincang Dengan Diri Sendiri – Diantara seminggu penuh waktu kita untuk beraktifitas, luangkan sehari saja untuk merasakan kedekatan dengan diri Anda sendiri. Dengarkan secara seksama kata hati Anda. Pecayalah, Anda akan merasa kaget saat mengetahui betapa kerasnya Anda terhadap diri sendiri. Cerna setiap ungkapan kata hati dan gantikan pikiran-pikiran negatif dengan pemikiran yang positif.
  3. Berhenti Membandingkan – Sudah sewajarnya jika kita melihat orang lain sebagai tolok ukur, tapi jangan lantas membuat Anda membandingkan kehidupannya dengan kehidupan Anda sendiri. Membandingkan hubungan dengan pasangan, pekerjaan yang Anda miliki dengan apa yang dimiliki orang lain hanya akan memukul keras harga diri Anda. Memandang kelebihan orang lain hanya akan mengembangkan fantasi, yang justru akan mendorong Anda jatuh ke dalam rasa tak peraya diri.
  4. Nasehati Diri Sendiri – Kebanyakan orang cenderung lebih mahir menyelesaikan permasalahan orang lain dari pada mengatasi masalahnya sendiri. Jika Anda berhasil menghibur seorang teman yang ditimpa masalah, tanyakan padanya apa yang telah membuatnya merasa terhibur. Lain kali jika Anda mendapatkan masalah, mungkin penghiburan Anda tersebut dapat berguna untuk diri sendiri.
  5. Utamakan Diri Sendiri – Jika Anda lebih sering menempatkan kepentingan diri sendiri diurutan terakhir, sebaiknya sekali-kali lakukan sesuatu untuk diri sendiri. Mempreoritaskan kepentingan sendiri diurutan akhir biasanya akan mendorong Anda mengasihani diri sendiri, dimana justru mendorong timbulnya rasa frustasi. Jika kemarahan-kemarahan tersebut bertumpuk, justru orang-orang yang Anda cintai yang akan jadi tempat pelampiasan kekesalan. Adakalanya Anda boleh tidak ikut bepergian dengan keluarga hanya untuk menyaksikan serial kesayangan Anda. Sesekali mementingkan diri sendiri justru akan mempertahankan keseimbangan dan membawa hasil yang lebih baik untuk Anda serta orang-orang yang Anda sayangi.
  6. Berfokus Pada Diri Sendiri – Tumbuhkan kesadaran kalau Anda tak dapat mengubah orang lain, tapi Anda bisa mengubah diri sendiri. Cara ini membantu Anda melepaskan banyak bagasi emosional. Mungkin ucapan kekasih yang sedang marah terasa menyakitkan hati, tapi saat Anda menerima bahwa itu hanyalah masalah dia bukan masalah Anda, maka perasaan buruk yang diakibatkan kata-kata pedasnya tak akan membawa dampak buruk bagi perasaan Anda.
  7. Luangkan Waktu Untuk Bermain – Setiap orang pasti memiliki sisi anak kecil di dalam dirinya. Rangkulah sisi itu sekali-kali. Bermain memiliki efek memperbaiki emosi. Rasa ingin tahu lebih membangun dari pada kritikan. Kembangkan prilaku seperti anak-anak saat berbeturan dengan masalah, lebih baik bertanya bagaimana cara kerja komputer Anda dari pada marah-marah karena orang lain lebih baik dari Anda.
  8. Minta Dukungan Dari Teman – Kita memang tak selalu berhasil mempertahankan semangat. Alangkah baiknya jika Anda meminta bantuan teman untuk mememberi dukungan. Ceritakan pada teman terpercaya Anda kalau Anda sendang memperbaiki sikap, biarkan teman dia memberikan dukungan sekaligus pelatihan. Minta pendapatnya tentang bagaimana Anda berekasi terhasap suatu permasalahan secara emosional.
  9. Nikmati Proses – Tujuan dalam hidup memang sebuah titik penting untuk dicapai. Tapi terpancang pada hasil justru membuat kita mengabaikan proses. Mengimpikan apa yang jadi tujuan Anda hanya akan membuat impian itu ada diawang-awang. Tapi hanya bertindak selangkah demi selangkah yang akan membawa Anda mendekati apa yang ingin Anda capai.
  10. Jangan Lupa Bersyukur – Kadang kita lupa betapa banyak yang telah kita dapat dalam hidup ini. Sebenarnya, menyadari rahmat yang kita terima justru akan membawa warna cerah dalam kehidupan itu sendiri. Mulailah membuat catatan bahagia setiap hari. Ingat tiga hal yang patut Anda syukuri selama sepanjang hari yang Anda lalui, niscaya itu akan membuat Anda lebih menghargai hidup.

 

Tips Menghibur Diri 3

Dari PramborsFM

1. ‘Dance All Your Problems Away’

Menari adalah salah satu cara untuk menghilangkan perasaan tidak enak di hati dan kepala. Mungkin beberapa dari kalian tidak suka menari, tetapi kenapa tidak coba? Disaat kalian sedang marah atau sedih nyalakan lagu kesukaan dari genre apapun terus kalian menari sambil mendengarkan lagu tersebut. Kalau bisa kalian rekam video kalian menari tetapi hanya untuk kalian yang lihat sendiri. Coba pejamkan mata kalian saat kalian menari, kalian akan merasa setiap gerakan membuang energi negatif dari kepala kalian. Setelah kalian selesai, kalian tonton rekaman kalian dan siap tertawa karena kekocakan kalian saat kalian ‘dancing all
your problems away’ !

2. mandi air hangat

Memang yang ini cukup kedengaran sangat simpel, tetapi fungsinya juga sangat membantu menghilangkan penat. Saat cucuran air hangat jatuh ke tubuh kita, kita akan merasakan kenyamanan dan ketenangan secara fisik. Disaat kita sedang down kondisi tubuh kita pun otomatis akan tegang dan memanjakannya dengan air hangat akan membuat badan kita relax dan kita dapat menentukan sesuatu dengan lebih jernih karena kondisi kita sudah lebih segar.

3. ‘Walk It Out’

Berolahraga dapat menghilangkan stress dan juga mood yang kurang baik. Kadang, orang malas untuk meniatkan diri berolahraga karena tidak ada waktu kesibukan dengan hal lain. Tetapi berjalan tidak membuthkan banyak waktu, coba disaat mood jelek, kalian coba jalan keliling rumah saja atau kemana yang dekat tetapi bolak- balik selama 3 kali. Mungkin orang- orang yang berada di lingkungan tersebut akan meliat kita seperti kurang kerjaan tetapi disaat kalian berjalan kalin berolahraga dan menghilangkan pelan- pelan rasa tidak enak di hati dan kepala. Ditambah lagi disaat kalian berjalan kalian akan berhadapan dengan orang- orang
yang lewat dimana pikiran kalian akan teralihkan dengan keberadaan mereka.

4. Cartoon- ing

Siapa bilang film kartun hanya untuk anak- anak kecil? Ada bagusnya saat orang- orang yang sudah remaja atau beranjak dewasa sekali- sekali memanjakan diri dengan menonton film kartun. Kalau kita sedang down, film kartun akan membuat kepala kita berkurang bebannya karena kita teralihkan. Dunia kartun berbeda dengan dunia realita, dan ceritanya yang simpel akan mengurangi stress yang menumpuk di kepala. Warna- warna yang ditampilkan di film kartun akan menyegarkan mata kita dan membuat kita preoccupied dengan dunia itu sendiri.

5. Narsis

Siapa sih yang tidak foto? Mungkin beberapa orang, terutama cowok tidak sefanatik itu dalam berfoto. Tetapi, coba sekali- kali ketika kalian sedih atau amrah, foto diri kalian sendiri. Setelah itu kalian lihat hasilnya dan lihat perbedaanya dengan pada saat kalian senang. Kalian secara tidak sadar akan merasa bahwa kalian lebih menarik disaat senyum menghiasi
wajah kalian. Kalian juga akan mendapat rasa simpati terhadap diri kalian sendiri karena tampang kalian yang kurang enak dilihat saat mood nya tidak baik. Plus, kalian bisa juga tertawa kembali saat melihat foto tersebut karena muka kalian yang kocak, lucu dan nggak jelas.

Seluruh tips diatas adalah cara-cara menghibur diri sendiri yang dikumpulkan dari banyak tips. Semoga membantu.

Tags: menghibur diri, cara menghibur diri sendiri, cara menghibur diri, cara menghibur diri sendiri ketika sedih, cara menghibur diri saat sedih, menghibur diri sendiri, cara menghibur hati yang sedih, menghibur hati yang sedih

Blogger Indonesia yang suka dengan wacana sosial kemasyarakatan, suka menulis tentang bahasa, sastra dan teknologi informasi. Follow my +Kang Bull, email, Twitter or my Facebook.

Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>