Kita mungkin sudah  sering mendengar tentang term pengetahuan, salah satu term paling sering muncul dalam dunia keilmuan dan pendidikan. Sebenarnya, secara definitif, apa sih  pengetahuan itu? Untuk memahaminya kita perlu mengetahui konsep dasar pengetahuan. Dan dari situlah kita dapat lebih dalam mengetahui apa dan bagaimana definisi pengetahuan itu.

Definisi Pengetahuan

Menurut Notoatmodjo, pengetahuan adalah hasil dari tahu, dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu obyek tertentu, penginderaan terjadi melalui pancaindra manusia yakni indra penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan raba. Sebagian besar pengetahuan manusia diperoleh melalui mata dan telinga. (Notoatmodjo, 2003)

definisi pengetahuan

Menurut Notoatmodjo (2003) menyebutkan bahwa pengetahuan memiliki enam tingkatan yang bergerak berurutan dari tingkatan yang paling rendah sampai yang paling komplek, yakni :

Tahu (Know)

Tahu diartikan sebagai mengingat suatu materi yang telah dipelajari sebelumnya, termasuk ke dalam pengetahuan tingkat ini adalah mengingat kembali (recall) terhadap bahan yang dipelajari atau rangsangan yang terpelajari merupakan tingkat pengetahuan yang paling rendah. Kata kerja untuk mengukur bahwa orang tahu tentang apa yang dipelajari antara lain : menyebutkan, mengidentifikasi, mengatakan dan sebagainya.

Memahami (Comprehension)

Memahami diartikan sebagai suatu kemampuan menjelaskan dan menyebutkan secara benar tentang obyek yang diketahui dan dapat menginterpretasikan materi tersebut secara benar. Orang yang telah paham terhadap obyek atau materi harus dapat menjelaskan, menyebutkan contoh, menyimpulkan, meramalkan dan sebagainya terhadap obyek yang dipelajari.

Aplikasi (Aplication)

Aplikasi diartikan sebagai kemampuan untuk menggunakan materi yang telah dipelajari pada situasi atau kondisi real (sebenarnya). Aplikasi disini dapat diartikan aplikasi atau penggunaan hukum-hukum rumus, metode, prinsip dan sebagainya dalam konteks atau situasi lain.

Analisis (Analysis)

Analisis adalah suatu kemampuan untuk menjabarkan suatu materu atau suatu obyek dalam komponen. Tetapi masih didalam suatu atau struktur organisasi tersebut dan masih ada kaitannya satu sama lain. Kemampuan analisis ini dapat dilihat dari penggunaan kata-kata keja dapat menjabarkan ini (membuat bagan), membedakan, memisahkan, mengelompokkan dan sebagainya.

Sintesis (Syntesis)

Sintesis menunjukkan kepada suatu kemampuan untuk meletakkan atau menghubungkan bagian-bagian didalam suatu bentuk keseluruhan yang baru. Dengan kata lain sintesis adalah suatu kemampuan untuk menyusun formulasi baru dari formulasi-formulasi yang ada misalnya dapat menyusun, merencanakan, menyesuaikan dan sebagainya terhadap suatu teori atau rumusan-rumusan yang telah ada.

Evaluasi

Evaluasi adalah hal yang berkaitan dengan kemampuan untuk melakukan justifikasi atau penilaian terhadap suatu materi atau obyek. Penilaian-penilaian  ini berdasarkan suatu kriteria ditentukan sendiri atau menggunakan kriteria-kriteria yang telah ada (Notoatmodjo, 2003).

Demikian pemahaman lebih detail mengenai definisi pengetahuan dan dasar-dasar pengetahuan. Semoga dapat memperdalam pengetahuan kita  pada hal tersebut dan semoga bermanfaat.

Tags: definisi pengetahuan, Konsep pengetahuan, konsep pengetahuan notoatmodjo, definisi pengetahuan dan ilmu pengetahuan, konsep dasar pengetahuan, konsep ilmu pengetahuan dari segi content defenition, pengertian pengetahuan menurut notoatmodjo 2013 beserta referensinya, penilaian pengetahuan menurut arikunto

Blogger Indonesia yang suka dengan wacana sosial kemasyarakatan, suka menulis tentang bahasa, sastra dan teknologi informasi. Follow my +Kang Bull, email, Twitter or my Facebook.

Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>