Setelah kita pernah membahas mengenai alat permainan untuk pendidikan pada posting sebelumnya. Kali ini kita akan khusus membedah mengenai alat media permainan untuk TK/PAUD. Permainan merupakan suatu kebutuhan bagi anak-anak. Dengan permainan anak akan mempelajari banyak hal dan akan meningkatkan kemampuan anak. Ada banyak Macam-Macam Alat Permainan Pendidikan Untuk TK, namun secara umum dapat dibedakan menjadi dua yaitu:

Alat permainan di luar ruangan

Alat permainan di luar ruangan adalah alat permainan yang digunakan di luar kelas. Alat permainan di luar kelas sebagian besar diperuntukkan untuk pengembangan koordinasi gerakan otot kasar.

Adapun jenis-jenis alat permainan di luar ruangan antara lain :

  1. - Ayunan
  2. - Jungkat-jungkit
  3. - Papan peluncur
  4. - Bak pasir
  5. - Tangga

 

Alat permainan di dalam ruangan

Alat permainan di dalam ruangan adalah alat permainan yang digunakan di dalam ruangan. Alat permainan dalam ruangan terhimpun dalam bagian-bagian yang disebut sudut-sudut kegiatan.

Ada lima sudut kegiatan di TK yaitu:

1) Sudut Keluarga

Sudut ini adalah sudut yang dapat membantu proses belajar mengajar tentang keluarga dan kehidupan keluarga. Alat permainan dalam sudut adalah

  1. - Perlengkapan ruang tamu
  2. - Meja makan
  3. - Peralatan dapur
  4. - Perlengkapan kamar tidur
  5. - Boneka dan lain-lainnya.

2) Sudut alam sekitar dan pengetahuan

Sudut ini adalah sudut yang dapat membantu proses belajar mengajar tentang alam sekitar dan ilmu pengetahuan. Alat permainan di sudut ini meliputi :

  1. - Aquarium dengan ikan-ikannya
  2. - Patung-patung atau boneka-boneka hewan
  3. - Pot dengan tumbuh-tumbuhan dan lain-lainnya

3) Sudut Kebudayaan

Sudut ini dimaksudkan untuk membantu proses belajar mengajar tentang aspek-aspek kebudayaan dan mengembangkan kreativitas anak. Alat permainan dalam sudut ini adalah :

  1. - Alat musik
  2. - Perpustakaan
  3. - Peralatan melukis
  4. - Peralatan yang mendorong kreativitas anak

4) Sudut pembangunan

Sudut ini adalah tempat di mana anak dapat diberi kebebasan dan pengalaman dalam menghayati dan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan teknik, teknologi dan pembangunan. Alat permainannya meliputi :

  1. - Balok-balok
  2. - Alat pertukangan
  3. - Gundukan pasir dalam bak
  4. - Mobil-mobilan
  5. - Traktor-traktoran
  6. - Pesawat terbang mainan
  7. - Miniatur gedung dan lain-lainnya

5) Sudut Ketuhanan

Sudut ini dimaksudkan untuk membantu anak mengenal agama dan menghayati agama yang dianutnya. Alat permainannya meliputi :

  1. - Miniatur masjid
  2. - Peralatan shalat
  3. - Gambar orang shalat
  4. - Gambar orang wudhu dan lain-lainnya

Referensi:

Bambang Hartono, Anak Anda di TK ? Petunjuk Bagi Orangtua (Jakarta : BPK Gunung Mulia ) 1992, 36

Tags: macam macam permainan untuk anak tk, macam macam permainan anak tk, PENGERIAN ALAT PERMAINAN LUAR KELAS, jenis permainan tk, jenis jenis permainan alam sekitar, macam macam alat bermain di dalam ruangan untk paud, contoh permainan di dalam kelas untuk anak tk, permainan anak tk di luar alam kelas

Blogger Indonesia yang suka dengan wacana sosial kemasyarakatan, suka menulis tentang bahasa, sastra dan teknologi informasi. Follow my +Kang Bull, email, Twitter or my Facebook.

Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

2 thoughts on “Permainan Pendidikan Untuk TK

  1. tri haryanto

    saya ingin banyak menyediakan kesempatan kepada anak-anak, tapi hanya saat liburan saja, saya bisa berkonsentrasi pada mereka, ada pendapat ?

    Reply
  2. Kang Bull Post author

    Memang terkadang susah untuk membagi waktu buat anak-anak, apalagi karena pekerjaan kita. Meski hanya waktu liburan saja, saya juga berupaya maksimal kok, terkadang kalau tidak ke luar rumah ya coba buat sesuatu yang menarik bagi mereka. Misalnya, kadang saya buatkan mereka permainan sendiri dan tidak beli, sekadar untuk melatih kreativitas mereka, kadang pesawat mainan, kadang mobil-mobilan, dan lain-lain. Dan, alhamdulillah biasanya mainan DIY itu lebih bermakna bagi mereka ketimbang membeli.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>